VISIONCRAFT 2025: Membuka Kreativitas dan Membangun Personal Branding Melalui Konten dan Jurnalistik

Surabaya, 19 April 2025 – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi (HIMADIKSI) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya (UNESA) sukses menggelar acara VISIONCRAFT 2025 dengan tema “Unlock Your Creativity, Elevate Your Personal Branding by Content and Journalistic” bertempat di Auditorium G6 FEB UNESA. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga selesai, yang diikuti kurang lebih 100 peserta dari berbagai kalangan, baik mahasiswa maupun masyarakat umum.
Acara ini dibuka secara resmi oleh Bapak Septyan Budy Cahya, S.Pd., M.Pd., selaku Pendamping Organisasi Mahasiswa dan UKM FEB UNESA, yang telah memberikan apresiasi terhadap inisiatif mahasiswa dalam menyelenggarakan kegiatan yang relevan dan mengedukasi masyarakat di era digital saat ini.
Sambutan yang lain juga disampaikan oleh Ketua Pelaksana acara VISIONCRAFT 2025, Aqillah Azmi Ridia Syafiqoh, yang menyampaikan rasa terima kasih atas antusiasme peserta dan seluruh panitia penyelenggara. Kerja keras panitia dan respon baik dari peserta sangat berperan penting bagi keberlangsungan kegiatan kali ini. Serta besar harapan agar kegiatan ini dapat menjadi wadah tumbuhnya kreativitas dan keterampilan baru dalam bidang konten dan jurnalistik di kalangan masyarakat terutama mahasiswa.
Selanjutnya sambutan dari Ahmad Firandhika,
selaku Ketua Umum HIMADIKSI yang turut memberikan semangat melalui sambutannya
yang inspiratif:
“Inilah yang menjadi latar belakang tema yang
kami usung:
‘Unlock Your Creativity, Elevate Your Personal Branding by Content and Journalistic.’
Kami ingin mengajak kalian semua untuk membuka kunci kreativitas yang mungkin selama ini tersembunyi karena adanya rasa takut akan kegagalan, malu untuk tampil didepan umum, atau ragu terhadap diri sendiri. Padahal, setiap dari kita punya potensi, punya cerita, dan cerita itu akan lebih kuat jika dikemas dalam konten yang relevan, dengan pendekatan jurnalistik yang tajam dan bertanggung jawab.
Di era digital ini media sosial mempunyai peran yang cukup besar. Konten yang merupakan bagian dari media sosial bukan sekadar hiburan semata, ia adalah media dalam memperjuangkan sesuatu. Kita hidup di zaman ketika kebenaran seringkali baru mendapat perhatian setelah viral. Fenomena “No Viral, No Justice” menunjukkan bahwa narasi yang tidak terdengar, akan tenggelam. Karena itu, melalui VISIONCRAFT 2025, kami ingin mendorong generasi muda untuk menggunakan kreativitas dan keterampilan digitalnya sebagai jembatan menuju perubahan yang lebih baik lagi.
Peserta VISIONCRAFT 2025 kali menjadi orang yang memiliki pengaruh besar terhadap orang lain. Bukan hanya di lingkup yang kecil, melainkan juga dapat di ruang lingkup publik yang lebih luas lagi. Lewat satu unggahan, satu desain, satu tulisan, kita bisa menumbuhkan harapan, menyuarakan keadilan, dan memperkuat identitas diri dalam membangun personal branding yang otentik dan bermakna.” ujarnya dalam sambutannya
Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan wawasan dan pelatihan kepada peserta tentang pentingnya personal branding melalui pembuatan konten dan pendekatan jurnalistik yang kuat dan strategis, kegiatan ini guna mendukung pengembangan diri di era digital dalam perkembangan zaman yang serba canggih dan cepat.
VISIONCRAFT tahun ini menghadirkan dua narasumber inspiratif dan kompeten di bidangnya. Narasumber yang pertama adalah Adinda Rochmawati, Ia adalah seorang Graphic Designer muda yang memiliki paras cantik dan tentunya menginspirasi. Selanjutnya ada Bradie Naradithya R. Ia adalah Founder Lesduit Indonesia sekaligun seorang Digital Creator muda yang berpengalaman.
Rangkaian acara ini dimulai dari pembukaan, sambutan, penyampaian materi, praktik pembuatan poster, sesi rewarding, hingga penutupan. Materi yang dibahas mencakup Personal Branding Yaitu, sebuah proses pembentukan citra diri yang dilihat dari sudut pandang orang lain, tidak bisa dipaksakan namun bisa dibentuk melalui nilai dan konsistensi diri. Desain Grafis, Seni merancang elemen visual untuk menyampaikan pesan, termasuk desain poster iklan, informasi, dan visual storytelling lainnya. Topik pembahasan yang terakhir adalah Konten Kreator. Menjadi content creator tidak ditentukan oleh jumlah pengikut, tetapi oleh proses, kolaborasi, dan keberanian untuk mencoba. Kegagalan adalah bagian dari perjalanan yang akan menghasilkan hal yang lebih baik ke depannya.
Selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat, peserta juga memperoleh banyak relasi baru dengan jangkauan yang lebih luas, pengalaman praktik pembuatan poster secara langsung, dan tentu mendapat e-sertifikat. Hadiah menarik juga diberikan kepada peserta dalam sesi rewarding bagi karya peserta ter-baik dan peserta ter-aktif.
Antusiasme peserta sangat terasa sepanjang jalannya acara. Salah satu peserta yaitu, Mbak Lestari, menyampaikan kesan positifnya terhadap kegiatan kali ini: “Saya terpukau atas penyampaiannya, Ilmunya sangat mahal dan bermanfaat. Semoga followers saya bertambah banyak usai saya belajar terkait personal branding pada kegiatan ini.”
Dengan berakhirnya rangkaian acara VISIONCRAFT
2025, HIMADIKSI berharap semangat generasi muda Indonesia tetap membara dalam
menghadapi kemajuan teknologi dan dinamika zaman. Kegiatan ini menjadi langkah
nyata HIMADIKSI dalam membentuk generasi muda yang tidak hanya cerdas secara
akademik, namun juga mampu berpikir global dan berperan aktif di era digital.